Diunggah pada Rabu, 23 November 2016 - 14:05:34 WIB    |    Dilihat sebanyak 90 kali    |    Kategori Fakultas

Pembukaan UNIB FAIR 2016 dilaksanakan hari ini, Rabu 23 November 2016 di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Bengkulu. Seluruh Fakultas, Unit Kerja dan UKM di selingkungan UNIB memamerkan poduk atau karya masing-masing, tidak ketinggalan dengan Fakultas Teknik UNIB. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ke depan ini dipadati oleh mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat umum yang ingin menyaksikan pameran.

 

Fakultas Teknik memamerkan hasil penelitian dari keempat Program Studi pada stan berukuran 3x3 m. Adapun hasil penelitian yang ditonjolkan di stan Fakultas Teknik yaitu Virtual Reality dari Program Studi Teknik Informatika, hasil penelitian Fakhrurezi, Aan Erlanshari, S.T., M.Eng., dan Yudi Setiawan, S.T., M.Eng. Virtual reality ini menampilkan informasi landskap dalam bentuk pemetaan di lingkungan UNIB, seperti yang ditampilkan pada aplikasi Google Map.

 

Selanjutnya Program Studi Teknik Sipil menampilkan peralatan laboratorium Sipil berupa waterpas, namun produk dari laboratorium seperti beton tidak dapat ditampilkan ke stan karena ukuran stan yang cukup minimalis, demikian seperti yang disampaikan oleh salah seorang mahasiswa Teknik Sipil yang bertugas menjaga stan.

 

Program Studi Teknik mesin menampilkan purwarupa turbin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dengan simulasi air yang ditampung pada wadah berisi air. Turbin ini merupakan model yang dapat diterapkan pada sungai untuk menghasilkan listrik ramah lingkungan, namun diperlukan pengembangan dan penyesuaian untuk diterapkan sebagai PLTMH yang sebenarnya.

 

Program Studi Teknik Elektro menampilkan dua produk penelitian mereka, yaitu Pirolisis bertenaga surya hasil karya Nando Rananda dkk dan Reza Satria R., S.T., M.Eng. Alat ini memanfaatkan jerami padi menjadi pestisida dan pengawet makanan. Untuk sumber energinya, alat ini menggunakan panel surya berukuran luas sekitar 30x30cm. Alat kedua yang ditampilkan Teknik Elektro yaitu Robot Pemadam Kebakaran hasil karya tim Robotic Elektro yang dibimbing oleh Indra Agustian, S.T., M.Eng. Robot ini menggunakan beberapa sensor, seperti sensor panas dan sensor yang mencegah robot "stack" saat mengenai dinding.

 

Selain itu pada stan Fakultas Teknik terdapat slide yang berisi kegiatan-kegiatan mahasiswa, poster penelitian, leaflet dan karya lain dari mahasiswa. Banyak hal menarik yang dapat disaksikan pada UNIB FAIR 2016 ini, ayo kunjungi! Jangan sampai ketinggalan.