Diunggah pada Rabu, 29 November 2017 - 10:27:51 WIB    |    Dilihat sebanyak 698 kali    |    Kategori Fakultas

Pada pagelaran Universitas Bengkulu (UNIB) Fair 2017, Fakultas Teknik kembali memamerkan karya-karyanya dalam acara ini. Kegiatan tahunan ini digelar pada 28-29 November 2017 di Gedung Serba Guna UNIB. Seluruh Unit dan Fakultas ikut ambil bagian dalam memamerkan produk-produk unggulan mereka. Tidak hanya mereka, mahasiswa pun juga ikut dalam kegiatan seni, kewirausahaan dan sebagainya.

 

Dalam kesempatan ini, Fakultas Teknik menampilkan produk dari 4 Program Studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro. Perlu diingat bahwa Fakultas Teknik menjadi juara I pada pagelaran yang sama tahun lalu, apakah tahun ini Teknik dapat mempertahankan gelar tersebut? Mari simak rincian dari apa yang mereka tampilkan pada tahun ini.

 

Teknik Informatika menampilkan dua buah aplikasi terbaru hasil karya dosen dan mahasiswa. Aplikasi yang pertama adalah aplikasi di bidang Augmented Reality (AR) dan yang kedua adalah aplikasi di bidang Sistem Informasi Geografis (SIG). Aplikasi yang pertama merupakan aplikasi AR Historical Building (AR-HB) hasil karya M. Okri beserta Ernawati, S.T., M.Cs dan Aan Erlanshari, S.T., M.Eng. Aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai bangunan bersejarah peninggalan Inggris di masa penjajahan di Kota Bengkulu. Dengan aplikasi ini dan bantuan marker (penanda) dalam bentuk brosur yang berisi foto gambar bangunan peninggalan Inggris, pengguna dapat mengetahui informasi singkat mengenai bangunan tersebut beserta animasi 3D bangunan tersebut. Aplikasi ini berbasis Android dan dapat diunduh di play store. Kemudian aplikasi lainnya dari Teknik Informatika tentang mitigasi bencana berbasis peta digital. Aplikasi ini merupakan hasil karya Rico Hardiansyah dan dosen pembimbing. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mencari lokasi aman atau titik berkumpul yang terdekat dengan posisinya saat terjadi bencana alam.

 

Teknik Sipil memamerkan alat-alat praktikum yang terdiri dari teodolit dan core drill. Sedangkan hasil karya Teknik Sipil yang dipamerkan adalah maket (master plan) perumahan dan poster-poster penelitian. Sementara itu Teknik Mesin kembali menampilkan karyanya yang pernah berkompetisi di tingkat nasional, yaitu Mobil Hemat Energi yang menjadi juara III pada gelaran IEMC (Indonesia Energy Marathon Challenge) pada tahun 2014 di ITS. Kemudian Teknik mesin juga menampilkan Turbin Screw untuk membangkitkan listrik, yang masih dalam bentuk prototype.

 

Teknik Elektro menjadi Program Studi yang menampilkan paling banyak karyanya tahun ini pada UNIB Fair. Karya yang mereka tampilkan adalah Drone dengan dilengkapi GPS, sehingga drone ini dapat terbang di atas koordinat yang telah ditentukan. Karya ini merupakan hasil penelitian Aftarianda, Faisal Hadi, S.T., M.T., dan Indra Agustian, S.T., M.Eng. Kemudian ada robot pemadam api berkaki 6 yang pernah ikut dalam kompetisi tingkat nasional di STT Telkom pada tahun 2014. Robot ini hasil karya tim robot RSC (Robotic Study Club) Teknik Elektro. Kemudian ada ATM beras, Air Cooler, Prototype Garasi dengan kendali pintu menggunakan smartphone Android, Pengering Serba Guna, Pengering Ikan, dan Kendali lampu rumah dengan SMS.

 

Untuk lebih jelasnya saksikan dan kunjungi stand-stand di UNIB Fair 2017, dan jangan lupa mampir ke stand Fakultas Teknik. Pengunjung juga akan dapat mencicipi jajanan dan aneka kreasi kuliner.(fpu)