Diunggah pada Senin, 04 Desember 2017 - 14:01:17 WIB    |    Dilihat sebanyak 751 kali    |    Kategori Elektro

Program Studi Teknik Elektro Universitas Bengkulu sukses menyelenggarakan lomba robot line follower analog tingkat siswa/i SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu bertajuk “Elektro Line Follower Contest (ELCO) 2017”, 29 – 30 November 2017 bertempat di Aula Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. ELCO 2017 diikuti oleh 22 tim robot SMA/SMK yang berasal dari 4 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, yaitu Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Bengkulu Utara. (Berita ini dikutip dari laman http://te.unib.ac.id)

 

Pembukaan ELCO 2017 pada Kamis pagi, 30 Nopember 2017, dihadiri oleh Dekan dan seluruh Wakil Dekan Fakultas Teknik, Ketua Prodi Teknik Elektro, dosen-dosen Fakultas Teknik, dan seluruh siswa/i peserta lomba beserta guru-guru pendamping. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik, Drs. Boko Susilo, M.Kom. Acara pembukaan berlangsung dengan sangat meriah meskipun sebenarnya tidak didukung cuaca yang kondusif. Hujan yang sangat lebat yang terus menerus mengguyur kota Bengkulu tidak menyurutkan semangat panitia dan peserta untuk mengikuti kegiatan ini.

 

Sehari sebelumnya, Rabu, 29 November, seluruh peserta mendapat kesempatan untuk mengunjungi dan melihat-lihat berbagai peralatan dan fasilitas di Laboratorium Prodi Teknik Elektro sebelum mengikuti technical meeting untuk pengundian grup dan menjelaskan peraturan perlombaan.

Acara perlombaan berlangsung dari pagi hingga sore hari. Setiap tim dengan penuh semangat berusaha mendapatkan hasil yang terbaik. Pertandingan dibagi menjadi babak kualifikasi, babak penyisihan, dan babak final. Meskipun cukup melelahkan, semua peserta tetap serius dan bersemangat untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah yang disediakan oleh panitia.

 

Di akhir acara, tampil sebagai Juara 1 adalah Tim Fun Tech dari SMK Negeri 2 Kota Bengkulu, Juara 2 Tim Lifasis dari SMA Negeri 2 Rejang Lebong, dan Juara 3 Tim MUFO 1 dari SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Selain itu predikat Desain Terbaik diraih oleh Tim RBC dari SMA Negeri 1 Kota Bengkulu.

 

Ketua panitia, Nanda Ramadhan, mengatakan kegiatan lomba robot ELCO 2017 ini bertujuan untuk menciptakan semangat berkompetisi dengan penuh sportivitas bagi siswa-siswi SMA/SMK di Provinsi Bengkulu. Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan untuk semakin mengenalkan dan mendekatkan Prodi Teknik Elektro kepada masyarakat di Provinsi Bengkulu, khususnya guru dan siswa SMA sederajat yang merupakan calon-calon mahasiswa di tahun-tahun mendatang. Nanda juga mengucapkan syukur atas sukses dan meriahnya acara, yang sebenarnya melebihi ekspektasi terlebih ini merupakan penyelenggaraan pertama.