Diunggah pada Senin, 11 Maret 2019 - 22:09:09 WIB    |    Dilihat sebanyak 72 kali    |    Kategori Fakultas

Dalam rangka melaksanakan program rutin tahunan Fakultas Teknik yaitu mensosialisasikan 6 program studi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu, Tim Sosialisasi fakultas Teknik yang terdiri dari Wakil Dekan Bidang Akademik (Dr. Gusta Gunawan, S.T., M.T.) sekaligus perwakilan Prodi Arsitektur, Wakil Dekan Bidang sumber Daya (Reza Satria Rinaldi, S.T, M.Eng) dari Prodi Teknik Elektro, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (Afdhal Kurniawan Mainil, S.T., M.T.) dari Prodi Teknik Mesin, Ketua Program Studi Teknik Sipil (Besperi, S.T., M.T) dan Bapak Rusdi Efendi, S.T., M.Kom dari Prodi Informatika. Sedangkan untuk menjelaskan sistem dan jalur seleksi mahasiswa baru (UTBK 2019) turut serta Bapak Faisal Hadi, S.T., M.T. Sebagai Sekretaris Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Bengkulu pada tanggal 1-2 Maret 2019 melakukan kunjungan dan sosialisasi ke SMA N 2 Muko-muko, SMA N 3 Muko-muko, SMA N 5 Muko-muko. 

Tim Fakultas Teknik disambut oleh Semua Pihak Sekolah mulai dari Bapak Khairul Shaleh, S.Pd., M.TPd selaku Kepala Sekolah SMAN 2 Mukomuko), Bapak Nurhakim, S.Pd, M.TPd (selaku Kepala Sekolah SMAN 3 Mukomuko) dan Bapak Mulyadi, S.Pd, M.TPd (selaku Kepala Sekolah SMAN 5 Mukomuko) dengan jajaran majelis guru lainnya di Sekolah masing-masing . Setelah menjamu  Tim FT serta ramah tamah dan diskusi singkat di ruang kepala sekolah tim FT di persilahkan melakukan sosialisasi kepada siswa di ruangan yang sudah disediakan.

Dalam kesempatan ini, masing-masing dari enam program studi yang ada memaparkan mengenai proses pendaftaran/ penerimaan mahasiswa baru Fakultas Teknik 2019/2020  melalui 3 jalur yaitu jalur SNMPTN, jalur UTBK dan SBMPTN, dan jalur SMMPTN. Pada tahun ajaran 2019/2020 terdapat sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu adanya sistem UTBK untuk mendaftar SBMPTN. Bapak Faisal Hadi, S.T., M.T. melanjutkannya dengan menjelaskan sistem seleksi masuk PTN dimana tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya peserta daftar dulu baru tes, maka ketentuan mulai tahun ini adalah tes dulu kemudian dapat nilai. kemudian nilai tersebut dipakai untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri. Pada pelaksanaan SBMPTN tahun 2019 ini hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan dua materi tes, yakni Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik. Mulai tahun mendatang metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan dan UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan (masih dikembangkan). Mengenai informasi dan keterangan lebih lanjut tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru, calon mahasiswa dapat mengunjungi laman https://ltmpt.ac.id/ .

Selain itu, pada kesempatan ini juga dipaparkan mengenai pengenalan kurikulum pembelajaran, fasilitas yang menunjang pembelajaran, serta memperkenalkan tenaga pengajar yang ada pada program-program studi, serta pengembangan karir lulusan setelah menyelesaikan studi Fakultas Teknik dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari siswa-siswa yang sangat antusias untuk mengetahui tentang hal-hal pada enam program studi yang ada di Fakultas Teknik.