Diunggah pada Sabtu, 13 April 2019 - 23:22:03 WIB    |    Dilihat sebanyak 80 kali    |    Kategori Fakultas

Rabu tanggal 10 April 2019 Himpunan Mahasiswa se-Fakultas Teknik mengadakan Acara, Arak-Arakan Wisudawan. Arak-Arakan Wisudawan merupakan sebuah tradisi yang ada di Fakultas Teknik  Universitas Bengkulu. Tradisi ini bertujuan untuk memberikan ucapan selamat kepada  para senior yang telah menyelesaikan program studinya di Fakultas Teknik. Tradisi ini diikuti oleh seluruh program studi yang berada dibawah naungan Fakultas Teknik seperti Tenik Informatika, Teknik Sipil,Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

Acara dimulai pada pukul 07.30, dimana seluruh mahasiswa  Fakultas Teknik dan para wisudawan berkumpul di lapangan Laboratorium Fakultas Teknik, guna untuk mengantar para wisudawan menuju Gedung Serba Guna, tempat dimana acara wisuda akan dilaksanakan. pengantaran para wisudawan diiringi oleh  Lagu Mars Teknik dan  Engineer Muda.

Para wisudawan diantar oleh segenap mahasiswa Fakultas Teknik, sehingga tidak heran setiap kali wisuda dilaksanakan, jalanan dari Laboratorium Teknik menuju Gedung Serba Guna selalu dipadati oleh mahasiswa Fakultas Teknik yang mengantar para wisudawan.  Sesampainya di depan pintu gedung serba guna, akan ada beberapa kata sambutan dari perwakilan mahasiswa untuk para wisudawan.

Sekitaran pukul 11.00, seluruh mahasiswa Fakultas Teknik kembai berkumpul di Lapangan Laboratorium Teknik untuk menjemput para wisudawan, sama halnya seperti pengantaran di pagi hari, perjalanan menuju gedung serba guna sangat ramai dan riuh. setiap mahasiswa menggunakan baju PDH Jurusannya dan berbagai macam atribut lainnya seperti ikat kepala dan bendera- bendera hiasan, bahkan ada beberapa mahasiswa yang mencoret-coret mukanya sebagai bentuk suka cita terhadap seniornya yang telah berhasil diwisuda.

Pada saat penjemputan wisudawan suasana riuh amat terasa, terlebih saat seluruh wisudawan telah berkumpul, ditengah- tengah lingkaran seluruh mahasiswa Fakultas Teknik. diawali dengan kata sambutan Gubernur Fakultas Teknik dan perwakilan dari salah satu wisudawan. acara tidak selesai disana, masih ada tahapan paling seru dan menarik disetiap arak-arakan yaitu olahraga wisudawan, dimana para wisudawan harus melakukan olahraga di siang hari menggunakan pakaian wisudanya, untuk wisudawan pria akan disuruh melakukan push up dan wisudawan wanita akan melakukan skort jump. Olahraga ini harus dilakukan secara serentak tanpa boleh ada satupun wisudawan yang terlambat. Disaat ini lah keriuhan terjadi, para mahasiswa yang rata-rata junior dari para wisudawan memberikan aba-aba kepada para seniornya.

Setelah acara ini selesai, setiap wisudawan dikembalikan ke program studinya masing-masing, biasanya setiap program studi mempunyai cara tersendiri untuk menyambut wisudawannya. namun secara keseluruhan runtutan acaranya hampir sama.