Diunggah pada Selasa, 16 April 2019 - 08:16:59 WIB    |    Dilihat sebanyak 373 kali    |    Kategori Fakultas

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan kebijakan terkait Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019. Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan,fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.  Untuk bisa mengikuti tes tersebut, calon peserta dapat mendaftar melalui laman http://utbk.ltmpt.ac.id.

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

UNIB sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjadi tempat pelaksanaan UTBK telah menyiapkan berbagai sarananya. Pada tanggal 12 April 2019 lalu, Universitas Bengkulu sebagai salah satu perguruan tinggi telah menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pelaksanaan UTBK dilaksanakan di beberapa gedung selingkung Universitas Bengkulu. UTBK dilakukan dalam 2 sesi yaitu segi pagi (pukul 07.30- 11.45) dan sesi siang (pukul 12.30-16.45). Pengumuman Hasil UTBK  dapat diketahui paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.