Ikatan Alumni Teknik Elektro (IATE) Lakukan WEBINAR terkait tips dan pengalaman berkarir di BUMN

Ikatan Alumni Teknik Elektro (IATE) Lakukan WEBINAR terkait tips dan pengalaman berkarir di BUMN

Ikatan Alumni Teknik Elektro (IATE) UNIB telah menyelenggarakan WEBINAR series 1 dengan tema ‘Tips dan Pengalaman Berkarir di BUMN’ dalam mempersiapkan bekal serta memberikan gambaran tentang dunia pekerjaan dan kesempatan berkarir di BUMN khususnya di PT. PLN Persero dan PT. Telekomunikasi Indonesia bagi mahasiswa dan alumni Teknik elektro Universitas Bengkulu. Kegiatan ini diinisiasi agar semakin banyak keluaran Teknik Elektro UNIB yang bisa mengembangkan sayapnya di BUMN.
Webinar ini dihadiri oleh 120 mahasiswa dan alumni Teknik Elektro dan dibuka oleh ketua IATE Adhadi Kurniawan,S.T.,M. Eng serta di moderatori oleh salah satu anggota IATE yaitu Wisnu Sri Nugroho,S.T. yang pada saat ini bekerja sebagai Asistant Engineering Monitoring dan Evaluasi Manajemen Aset UIT JBT GI PT. PLN (Persero).

WEBINER series 1 menyajikan materi terkait budaya kerja dan tips lolos seleksi BUMN dimana pada WEBINAR kali ini yang menjadi narasumber adalah Irvan Purba, S.T. yang pada saat ini menjabat sebagai Supervisor Pemeliharaan di PLN UP3 Kotabumi UID Lampung dan Ferdy Fajrian, S.T yang saat ini menjabat sebagai kepala unit bisnis Arengka Wilayah Telkom Riau Daratan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.


Irvan selaku narasumber menyampaikan materi tentang tes masuk PT. PLN (Persero) dan juga tips dan trik bagaimana untuk menghadapi tes. Irvan sendiri lolos pada kali ke 2 beliau mencoba tes PLN yaitu pada tahun 2017 selain tips dan trik lolos tes PLN, beliau juga menyampaikan tugas atau tanggung jawab mereka selaku pegawai PLN.


“ Di PLN sendiri kami selaku pegawai memiliki 4 tanggung jawab utama yaitu Menjaga Kehandalan listrik, meninkatkan revenue, menurunkan cost, Serta meningkatkan pelayanan” ucap beliau pada sesi penyampaian materi.


Tak kalah menarik penyampaian materi yang kedua dari Ferdi yang lebih berfokus pada Tips dan Trik lolos seleksi PT. Telekomunikasi Indonesia tbk. Beliau menyampaikan hingga hal terkecil seperti masalah kesehatan dan fisik pada saat tes seleksi. Beliau juga menyampaikan hal hal yang harus ditinggkatkan sejak masa perkuliahan berlangsung.


“ Untuk bisa lolos di seleksi BUMN terkhusus PT. Telekomunikasi Indonesia tbk, paling tidak kita harus persiapkan diri kita pada saat perkuliahan pada poin poin berikut : IPK minimal 3,0, Prestasi, Pengalaman Organisasi, Softskill and Comunication skill, study aboard, latihan psikotest, persiapan mental dan fisik, Berdoa. Poin-poin yang saya sampaikan bukan hanya berguna untuk seleksi di Pt. Telkom, tetapi juga untuk banyak bidang pekerjaan. Jika kita sudah memenuhi poin poin tersebut maka kita juga akan mudah melenggang bergabung ke perusahaan perusahaan besar Negri maupun Swasta” sebut ferdi pada sesi penyampaian materi.


Setelah penyampaian materi peserta memasuki sesi pertanyaan dan diskusi sehingga hal hal yang perlu namun belum disampaikan pada sesi penyampaian materi dapat disampaiakan pada sesi diskusi. Di akhir sesi diskusi ini ada penyampaian juga dari ketua prodi teknik elektro bahwa beliau sangat senang dengan adanya kegiatan WEBINAR tersebut karena dirasa perlu untuk membekali mahasiswa akan pengetahuan pengetahuan seperti itu yang tidak di dapatkan di bangku perkuliahan.


“ saya senang sekali IATE bisa melakukan kegiatan seperti ini sebagai bentuk kepedulian abang dan mbak kepada adek adek nya, jadi solidaritas nya benar benar terasa bukan hanya di mulut saja atau hanya masa perkuliahan saja tetapi benar benar nyata, mudah mudahakan kedepan nya adalagi kegiatan seperti ini dan mahasiswa teknik elektro juga mudah mudahan tetap antusias mengikutinya” begitu penyampaian beliau.

Elsara Simarmata

Fakultas Teknik Universitas Bengkulu | Jalan WR. Supratman Kandang Limun Kota Bengkulu. 38371A | Email : ft@unib.ac.id