Pembimbingan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong

Pembimbingan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong

Pandemi covid-19 berdampak luas bagi masyarakat, salah satu dampaknya adalah di sektor ekonomi. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat mandiri, dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Bengkulu yaitu Ika Novia Anggraini, ST., M.Eng, Afriyastuti Herawati, ST., MT dan Reza Satria Rinaldi, ST., M.Eng melakukan pendampingan terhadap pemulihan ekonomi masyarakat di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong pada tanggal 19 s.d 20 September 2021 di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong.

Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kosong yang ada banyak tersedia di wilayah tersebut dengan menanam berbagai macam sayuran dan tanaman porang yang memiliki nilai ekonomis.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Selain itu, masyarakat juga dibimbing dalam pengemasan produk dan promosi penjualan hasil panennya secara online melalui marketplace dan media sosial untuk meningkatkan nilai jual dari produk tersebut. Melalui kegiatan pembimbingan seperti ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk mandiri dan mampu mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi covid-19.

Fakultas Teknik Universitas Bengkulu | Jalan WR. Supratman Kandang Limun Kota Bengkulu. 38371A | Email : ft@unib.ac.id