Tim Pengabdian Fakultas Teknik Universitas Bengkulu Melakukan Pembuatan Mesin Pencair Plastik untuk Produksi Paving Blok Ramah Lingkungan di Kota Bengkulu

Tim Pengabdian Fakultas Teknik Universitas Bengkulu Melakukan Pembuatan Mesin Pencair Plastik untuk Produksi Paving Blok Ramah Lingkungan di Kota Bengkulu

Sampah menjadi masalah sampai saat ini. Tempat pengelolaan sampah lingkungan terpadu menjadi solusi untuk mengurangi masalah sampah tersebut. Sampah lingkungan lebih banyak pada sampah rumah tangga. Dalam mengelola sampah perlu teknologi dan pengetahuan dasar dalam pengelolaan sampah. Teknologi dan pengetahuan ini perlu diberikan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu dalam mengelola sampah. Tujuan dalam pengabdian ini adalah untuk mengurangi sampah plastik yang ada dilingkungan rumah tangga.

Dalam mengurangi sampah plastik rumah tangga ini, tim pengabdian yang diketuai oleh Bapak Alex Surapati, M.T. dengan anggota Adhadi Kurniawan S.T., M.Eng. dan Ibu Julia Purnama Sari, S.T., M.Kom. membuat alat mesin pencair plastik untuk produksi paving blok rumah. Nantinya alat yang dibuat ini akan ditempatkan di Kelurahan Sawah Lebar Baru. Sebelumnya, Fakultas Teknik dan Kelurahan Sawah Lebar Baru telah melakukan kerjasama terkait dengan pengeloaan Sampah.

Proses alat mesin pencair plastik ini adalah plastik yang telah dicacah kemudian akan dimasukkan ke sebuah wadah besar yang terbuat dari stenlish yang dipanaskan menggunakan kompor dengan bahan bakar oli bekas. Dalam pencairan plastik ini, suhu yang digunakan mencapai diatas 250 derajat celcius yang dibantu menggunakan blower untuk proses pengapiannya. Hasil plastik yang cair ini akan ditampung di tempat cetak yang sesuai dengan apa yang akan dibetuk.

Fakultas Teknik Universitas Bengkulu | Jalan WR. Supratman Kandang Limun Kota Bengkulu. 38371A | Email : ft@unib.ac.id