Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Ilmu Keamanan dalam Berkendara untuk Masyarakat RT 41 Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu

Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Ilmu Keamanan dalam Berkendara untuk Masyarakat RT 41 Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu

Pada saat ini sepeda motor merupakan solusi rasional untuk permasalahan transportasi dari kalangan bawah sampai menengah. Tidak mengherankan jika sepeda motor menjadi penyumbang besar bagi kecelakaan lalu lintas yang semakin sering terjadi. Kecelakaan lalu lintas merupakan hal yang tidak diingini semua pihak, namun jumlahnya semakin meningkat. Untuk itu berbagai hal telah dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan sepeda motor. Salah satu yang menjadi faktor penting dalam menghindari kecelakaan adalah perilaku berkendara yang benar. Perilaku ini menyangkut pemahaman tentang kendaraan dan perlengkapannya, keterampilan berkendara, juga pemahaman tentang peraturan lalu lintas maupun yang berupa norma berkendara di jalan.
Para pengendara sepeda motor kadang-kadang karena terburu-terburu ingin lebih cepat (ngebut) saja, kosong sedikit sudah seperti di arena balap. Mereka lupa kalau di jalan raya bukan hanya miliknya, dan keselamatan bagi dirinya maupun orang lainpun juga harus dipertanggungjawabkan. Perilakunya dalam berlalu lintas memang kadang memprihatinkan bahkan memalukan. Mereka tanpa sadar bangga kalau melanggar. Lupa memang kalau korban sia-sia di jalan raya sudah begitu banyak.
Beberapa syarat yang harus dipenuhi keamanan dalam berkendara adalah etika, memahi rambu lalu lintas, tujuan dan maksud berkendara, kendaraan yang tidak dimodifikasi dan postur berkendara. Postur berkendara (riding posture) berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan dalam berkendara. Dengan riding posture yang benar membuat pengendalian sepeda motor terjaga dan terkontrol.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mandiri dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bengkulu yaitu Angky Puspawan, S.T., M.Eng., Nurul Iman Supardi, S.T., M.P. dan Dr. Hendri Hestiawan, S.T., M.T. Kegiatan pengabdian kpada masyarakat adalah merupakan bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang bertujuan memberi, membagi, mentransfer ilmu pengetahuan secara luas kepada masyarakat.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di RT 41 Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu dengan tim dari Dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

Gambar 2 Narasumber mmpersiapkan Materi Keamanan dalam Berkendara

Gambar 2 Ibu-ibu Majelis Taqlim Masji Al-Muttqim RT 41 Kel. Pagar Dewa

Fakultas Teknik Universitas Bengkulu | Jalan WR. Supratman Kandang Limun Kota Bengkulu. 38371A | Email : ft@unib.ac.id