Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Ilmu Mitigasi Tsunami untuk Kawasan Daerah Pesisir dan Dataran Rendah di RT 41 Kelurahan Pagar DewaKecamatan Selebar Kota Bengkulu

Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Ilmu Mitigasi Tsunami untuk Kawasan Daerah Pesisir dan Dataran Rendah di RT 41 Kelurahan Pagar Dewa
Kecamatan Selebar Kota Bengkulu

Wilayah pesisir Indonesia ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi memiliki berbagai sumber daya alam berlimpah, namun di sisi lain kawasan ini juga rawan gempa dan tsunami. Kemudian bagaimana cara kita mengelola agar dua potensi yang saling antagonis itu dapat harmonis?
Tidak mudah memang mengelola fenomena tersebut.

Kesadaran masyarakat pesisir terhadap bencana gempa dan tsunami masih sangat minim. Padahal, merekalah yang paling menderita jika gempa dan tsunami menerjang. Fakta menunjukkan, selama setengah abad lalu kawasan pesisir indonesia mengalami puluhan gempa yang merusak dan tsunami. Rendahnya pemahaman masyarakat terhadap gempa dan tsunami itu mengakibatkan ratusan ribu orang tewas. Selain itu, rumah, kantor, tambak dan fasilitas lainnya juga hancur.
Paradigma lama selama ini ditempuh dalam menangani bencana adalah dengan menggunakan pendekatan penanggulangan bencana melalui menajemen krisis. Artinya, penanganannya lebih ditekankan pada saat dan setelah terjadinya bencana dahsyat.
Untuk mengurangi korban jiwa dan harta benda, maka paradigma lama perlu ditambah dengan penanganan sebelum bencana melalui pendekatan manejemen resiko yaitu melalui upaya pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan. Pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan kadang-kadang hanya disebut mitigasi. Pendekatan terpadu itu (manejemen resiko dan krisis) pada hakikatnya adalah menangani bencana mulai sebelum, saat, sesudah terjadinya bencana.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mandiri dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bengkulu yaitu Angky Puspawan, S.T., M.Eng., Dr. Khairul Amri, S.T., M.T., dan Agus Suandi, S.T., M.Eng. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di RT 41 Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu dengan tim dari Dosen Program Studi Teknik Mesin & Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

Gambar 2 Narasumber Menjelaskan Materi Wilayah Kegempaan di Indonesia

Gambar 2 Ibu-ibu Majelis Taqlim Masji Al-Muttqim RT 41 Kel. Pagar Dewa

Fakultas Teknik Universitas Bengkulu | Jalan WR. Supratman Kandang Limun Kota Bengkulu. 38371A | Email : ft@unib.ac.id